Senin, 05 Maret 2018

Peranan Teknologi Informasi dalam Perkembangan Pariwisata Budaya di Bali

penggunaan-teknologi-dalam-pariwisata-budayaPerkembangan teknologi informasi meningkat secara signifikan seiring berkembangnya zaman. Penggunaan alat dan media canggih mulai mendominasi kehidupan manusia. Kehidupan yang semakin dipermudah dengan terciptanya inovasi-inovasi baru di dunia teknologi yang sejauh ini sangat menguntungkan.

Kita bisa ambil contoh seperti misalnya pengunaan gadget di kehidupan sehari-hari. Tentunya yang dahulunya menggunakan alat komunikasi dan informasi seadanya kini semakin dipermudah dengan adanya alat telekomunikasi berupa ponsel genggam dan sejenisnya. Kita bisa bertukar informasi lebih cepat dan efisien. Berbicara mengenai perkembangan teknologi informasi yang terjadi di masa kini, apakah yang terjadi dalam perkembangan pariwisata khususnya di segi budaya? Dampak apakah yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi yang terjadi pada saat ini dengan perkembangan pariwisata budaya di Bali?

penggunaan-internet-dalam-perkembangan-pariwisata-di-bali

Pariwisata tidak dipungkiri lagi berfungsi sebagai motor penggerak perekonomian di Bali. Dalam hal ini pariwisata menimbulkan multiflier effect bagi seluruh aktivitas ekonomi di Bali. Sebagai contoh : Pariwisata membutuhkan sarana akomodasi, restoran, bar dan fasilitas penunjang lainnya. Satu buah hotel yang didirikan akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu hotel membutuhkan berbagai supplier untuk memasok kebutuhan hotel. Tenaga kerja yang diserap hotel juga membutuhkan berbagai macam kebutuhan hidupnya, sehingga muncul berbagai macam pusat perbelanjaan, demikian seterusnya rantai ekonomi yang ditimbulkan dari aktivitas pariwisata sebagai akibat dari multilier effect tersebut.

Melihat dari segi peranan, tentunya akan sangat banyak peran yang dapat dirasakan dalam perkembangan teknologi informasi terhadap perkembangan pariwisata budaya di Bali. Kita bisa melihat saat ini, penggunaan media berupa internet sebagai marketing place, beberapa Digital Ads sebagai media promosi wisata bu daya di Bali, dan masih banyak lagi peranan perkembangan teknologi informasi yang secara tidak langsung dapat berdampak terhadap perkembangan pariwisata budaya di Bali.

Sebagai contoh, pemanfaatan media pengambil gambar sebagai contoh kamera oleh para wisatawan yang sedang menonton tari Kecak, kemudian mereka melakukan proses pengunggahan ke media penyebar informasi terbesar di dunia saat ini yakni internet. Secara tidak langsung, perkembangan teknologi informasi berperan besar didalam perkembangan pariwisata budaya di Bali.

peranan-it-dalam-pengembangan-pariwisata-budaya-BaliSelain itu, dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perkembangan pariwisata budaya di Bali akan semakin dimudahkan. Peranan dari perkembangan teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan dan membuat pariwisata budaya di Bali akan semakin maju dan tetap menjadi destinasi wisata favorit di seluruh dunia.

Sekarang hanya tergantung kepada bagaimana kita sebagai user atau pengguna yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam mengaplikasikannya kedalam perkembangan pariwisata budaya di Bali. Penggunaan dan pengaplikasian kemajuan teknologi informasi yang tepat dalam perkembangan pariwisata budaya di Bali akan meningkatkan popularitas wisata budaya Bali di mata dunia dan tentunya akan sangat menguntungkan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar