Senin, 05 Maret 2018

Mengenal Pariwisata Budaya di Bali

Pariwisata-budaya-Bali-perspektif-teknologi-informasi
Bali adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia. Pesona keindahan yang memikat terpancar dari keindahan pulau Bali. Banyak pesona-pesona yang memanjakan mata yang dapat dinikmati di Bali. Keindahan pantainya, hingga budaya di pulau Bali. Perkembangan Pariwisata Bali dari tahun ke tahun sangat dipengaruhi oleh faktor keragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Oleh karena itu sangat tepat kiranya jika pariwisata Bali disebut sebagai pariwisata yang berbasis budaya atau sering di sebut Pariwisata Budaya Bali. Adat, seni, dan budaya Bali sebagai potensi dasar yang dominan di dalamnya tersirat satu cita-cita akan adanya hubungan timbal balik antara pariwisata dan kebudayaan. Tentunya selain hal tersebut diatas kita tidak bisa mengesampingkan peranan para pelaku pariwisata di Bali dalam melakukan promosi baik secara ofline dan online yang berbasis teknologi informasi. Teknologi informasi sangat berperan besar dalam perkembangan masa depan pariwisata budaya Bali.

Terlepas dari media promosi, keragaman budaya ini dapat disebut sebagai salah satu penunjang pariwisata di pulau Bali. Daya tarik terhadap keragaman budaya yang semakin meningkat membuat pariwisata budaya menjadi salah satu alternatif kegiatan yang dilakukan ketika berkunjung ke pulau Bali. Pariwisata Budaya itu sendiri adalah salah satu jenis pariwisata dimana mengedepankan potensi kebudayaannya sebagai daya tarik yang paling dominan dalam dunia pariwisata.

teknologi-dan-pariwisata-Bali

Tari Kecak misalnya. Tarian ini mulai populer di kalangan wisatawan oleh karena keunikan yang ditawarkan oleh tari ini. Cerita yang digunakan, sampai atraksi pertunjukan yang dipertontonkan oleh para penarinya. Tari Kecak lebih populer di kalangan wisatawan sebagai "Kecak and Fire Dance" karena tak jarang penarinya melakukan atraksi bermain dengan api sebagai pendukung cerita dari tari Kecak. 

Ada juga Melasti. Salah satu rangkaian upacara yang dilakukan untuk membersihkan arca/pratima. Namun siapa sangka, rangkaian upacara Melasti yang merupakan budaya di Bali menarik hati para wisatawan yang berkunjung ke Bali dan secara tidak langsung berkembang menjadi salah satu pariwisata budaya di Bali. Menurut mereka tradisi dan budaya di Bali sangat unik dan mereka tidak pernah melihatnya di negara mereka sendiri.

peranan-teknologi-informasi-terhadap-pariwisata-budaya-bali

Perkembangan pariwisata budaya di Bali yang terus meningkat tentunya akan menambah keuntungan bagi seluruh komponen dan lapisan masyarakat di Bali yang artinya mereka dapat lebih memaksimalkan potensi yang ada untuk menjadi destinasi pariwisata dan daya tarik tersendiri untuk kaum wisatawan. Perkembangan pariwisata budaya ini yang kemudian nantinya juga akan menambah nilai tarik pulau Bali di kalangan mancanegara. Dengan perkembangan teknologi informasi, pariwisata budaya juga diharapkan akan semakin berkembang nantinya.
Share:

1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://paketwisatabantul.com/. Sukses selalu

    BalasHapus